Wisata Kuliner : Soto Banjar Bang Amat

Rating : 5

Soto Banjar Bang Amat
Kurang afdhol kalo jalan ke Banjarmasin tapi gak nyicipin salah satu kuliner kota ini: Soto Banjar. Nah, sebuah tempat yang direkomendasikan untuk menikmati soto ini ialah Warung Soto Banjar Bang Amat. Anda bisa menemukanya di tepi Sungai Pengambangan (anak Sungai Martapura) tepatnya di Jalan Benua Anyar RT 22 No. 55, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Detail lokasi : Streetdirectory

 
Menempuh perjalanan sekitar 15 menit menggunakan sepeda motor dari tempat tinggal saya, sampailah saya ke Depot Soto Bang Amat yang terletak di pinggir sungai Martapura. Saya langsung pesan satu porsi soto dengan segelas ES Teh dan 5 tusuk sate.



Sepiring Soto Banjar Bang Amat dapat dinikmati dengan nasi atau lontong. Agar tidak salah pesan, jika Anda ingin makan soto dengan nasi, maka pesanlah dengan menyebut nasi sop. Sedangkan, jika pengunjung memesan dengan menyebut soto, itu berarti soto akan dihidangkan dengan lontong, inilah satu point penting dalam pemesanan Soto Banjar :). Dalam penyajiannya, Soto Banjar Bang Amat dilengkapi dengan irisan separuh telur bebek rebus. Anda juga bisa menambahkan sepotong paha ayam jika berminat. Satu lagi, menu tambahan yang sayang jika tidak dipesan adalah sate ayam. Hampir semua pengunjung biasanya menyandingkannya sebagai teman menikmati soto. Seporsi Soto Banjar Bang Amat dihargai Rp19.000. Sedangkan untuk sepiring sate ayam yang berisi 10 tusuk dihargai Rp10.000. Untuk menu minuman seperti es teh dan es jeruk dihargai Rp2.000. 




Tidak perlu menunggu lama, satu piring soto banjar terhadir di meja dengan aroma yang menggoda. Jika Anda menyeruput kuah soto ini, nuansa yang tercipta di lidah mula-mula adalah gabungan antara cita rasa lemak yang dihasilkan irisan daging ayam, telur bebek, serta susu. Kuah Soto Bang Amat ini memang diramu dengan tambahan susu. Soto Banjar terkenal karena kekayaan rempah-rempah pada bumbunya seperti kapulaga, kayumanis, cengkeh, serta bunga sisir yang diramu ke dalam kuah. Hal ini pulalah yang akan Anda temukan pada Soto Banjar Bang Amat. . Rasa gurih dan sedikit semburat rasa manis berpadu cantik, apalagi ditambah dengan cucuran jeruk limau dan tetesan kecap manis, Juara....!




Selain makanannya yang enak, Soto Bang Amat ini juga menyajikan suasana yang asik. Kita dapat makan sambil bersantai lesehan, menikmati suasana tepian Sungai Martapura dan menikmati pertunjukkan live music berupa sajian musik tradisonal Kalimantasn Selatan, yang membawakan lagu-lagu tradisional Banjarmasin Disini juga tersedia perahu yang bisa disewa untuk menyusuri sungai Martapura yang membelah kota Banjarmasin. Penasaran? Kalo ke Banjarmasin memang tidak boleh melewatkan wisata kulinernya, gak kan nyesel. Jika anda berniat mengunjungi Depot Soto Bang Amat ini, bisa dilihat detail nya disini Streetdirectory
 

3 Responses to "Wisata Kuliner : Soto Banjar Bang Amat"

  1. weiisss menggoda betul nih,, sayangnya jauh banget kalo dari jakarta,
    mantaap.

    postinganmu udah di publish urtan 33 di Lounge Event Tempat Makan Favorit BPI
    saya sudah add G+ juga, tunggu giliran untuk kita publish juga di G+.OK
    sukses selalu
    salam bahagia

    ReplyDelete
  2. Makasih ya Gan....kapan2 kalo ke banjarmasin mampir beli soto nya yah :)

    ReplyDelete
  3. Artikel yg menarik...
    Salam dan sukses sob...

    ReplyDelete