Menjelang Ramadhan.




Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa (QS 2:183)


Bulan Ramadhan adalah bulan suci dimana seluruh umat Islam yang sudah baligh diwajibkan berpuasa selama sebulan penuh, sebelum akhirnya menuju hari yang fitrah yaitu hari kemenangan. Setiap waktu-waktu yang kita lewati masing-masing mempunyai kelebihan dan keutamaan yang berbeda, maka kita harus bisa memperlakukannya secara bijak. Termasuk dalam menyiapkan kedatangan bulan suci Ramadan yang banyak mempunyai keutamaan.

Beberapa bulan lagi kita akan kedatangan bulan Ramadhan. Kedatangan Ramadhan tahun ini tentu kita sambut dengan penuh kegembiraan karena insya Allah, kesempatan menikmati ibadah Ramadhan kembali kita peroleh. Target utama dari ibadah Ramadha adalah semakin mantapnya ketaqwaan kepada Allah SWT. Sebagai wujud dari rasa gembira itulah, Ramadhan tahun ini tidak boleh kita lewatkan begitu saja tanpa aktivitas yang dapat meningkatkan ketaqwaan diri, keluarga dan masyarakat kita kepada Allah SWT. Maka, persiapan-persiapan kearah itu sudah harus kita lakukan, baik secara pribadi maupun bersama-sama.


Pada bulan Ramadhan, dianjurkan memperbanyak amalan sunnah, dianjurkannya memperbanyak memberikan santunan, serta memperbanyak membaca Al-Quran. Disamping itu bulan Ramadan adalah bulan pengendalian diri dari syahwat perut, dari hawa nafsu serta pengendalian anggota tubuh dari hal-hal yang dapat mengurangi nilai puasa.
Diantara akhlaq atau sikap yang harus dijaga dari saat ini sbb:

1. Menjaga penglihatan dan menghindarinya dari obyek yang tidak baik.
2. Menjaga lisan dari perkataan yang bathil dan tidak bermanfaat.
3. Menjaga pendengaran dari hal-hal yang bathil.
4. Tidak memperbanyak mengkonsumsi makanan ketika berbuka.

KEUTAMAAN BULAN RAMADHAN
Bulan Ramadhan adalah bulan kebaikan dan barokah, Allah memberkahinya dengan banyak keutamaan diantara nya:
1. Bulan diturunkannya Al Qur'an.
Allah menurunkan kitab-Nya yang mulia sebagai hidayah bagi manusia, obat bagi kaum mukminin, membimbing kepada yang lebih lurus, menjelaskan jalan petunjuk, diturunkan pada malam Lailatul Qadr, satu malam pada bulan Ramadhan
Allah berfirman:
“Bulan Ramadhan itulah bulan yang didalamnya diturunkan Al Qur’an yang menjadi petunjuk bagi manusia, dan menjadi keterangan-keterangan dari petunjuk itu dan membedakan antara yang haq dan yang bathil. Maka barangsiapa di anatar kamu melihat bulan itu hendaklah ia berpuasa.” (QS. Al-Baqarah:185)

2. Bulan ampunan dosa, bulan peluang emas melakukan ketaatan.
Apabila Ramadhan datang, maka pintu-pintu syurga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan syaithon-syaithon dibelenggu. (Muttafqun 'alaih).

3 Bulan dilipat gandakannya amal shaleh.
Barang siapa yang pada bulan itu mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu, nilainya sama dengan tujuh puluh kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya.

4. malam lailatul qadr

adalah satu malam, dimana beribadah satu kali lebih baik dari beribadah seribu bulan. Para malaikat termasuk malaikat Jibril turun (ke bumi) ketika itu dengan membawa kebaikan dan keberkahan. Para malaikat itu mengucapkan salam kepada orang-orang islam. Mereka berdo’a dan memintakan ampun bagi orang-orang islam. Mereka berdo’a dan memintakan ampun bagi orang islam sampai fajar menjelang.

Maka dari itu, sebaiknya kita harus melakukan persiapan menuju bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah. Mudah-mudahan alam ibadah kita diterima Allah SWT. Amin.

dipostingkan untuk mengukuti perlombaan di dijaminmurah.com