Halal dan Haram dalam Blogging

Setiap blogger yang beragama Islam tentunya memiliki beberapa pertanyaan mengenai apakah mendapatkan uang dari internet adalah haram (dalam Islam) atau tidak? Pertanyaannya memiliki begitu banyak implikasi bahwa kami memutuskan untuk membuat posting blog tentang itu, karena itu tidak hanya berlaku untuk sesama Muslim, tetapi untuk saudara-saudara kita di komunitas blogging secara keseluruhan dan karena itu adalah masalah etika blogging, dan bukan hanya tentang agama.

Catatan: Sebagai catatan, saya hanya mengatakan bahwa saya tidak mengklaim bahwa saya adalah seorang ustadz. Tetapi saya memiliki beberapa pengetahuan seputar internet, kami akan mencoba untuk membahas beberapa kasus berkaitan dengan etika dan moralitas, dan tidak sangat spesifik untuk agama. Siapapun bisa mendapatkan keuntungan dari membaca posting ini, yang berlaku untuk masyarakat blogging secara keseluruhan.

Ok kita mulai sekarang. Banyak orang tidak berpikir dua kali tentang masalah tersebut, tapi rupanya, beberapa dilakukan. Mereka khawatir bahwa pendapatan mereka mungkin tidak halal bagi mereka dari sudut pandang agama, karena uang dilakukan secara online bisa berasal dari banyak sumber yang berbeda, halal atau haram.

Konsep 'haram' bagi umat Islam mengacu pada apa pun yang melanggar hukum, dan dilarang. Sesuatu yang haram bisa saja didapatkan dari makanan, pakaian, minuman dan sebagainya yang melanggar hukum. Oleh karena itu, segala sesuatu yang tidak etis, tidak bermoral, atau diperoleh melalui cara ilegal adalah haram.

Apa yang bisa membuat blogging terlarang?

Saya ingin membuat satu hal yang jelas meskipun - tidak ada yang salah atau 'haram' tentang mendapatkan uang secara online (misalnya melalui blogging). Tapi bagaimana Anda melakukannya yang membuat semua perbedaan. Berikut adalah beberapa contohnya.

Plagiarisme dan Hak Cipta pelanggaran

Praktek ini merajalela di seluruh blogosphere saat ini. Orang sering melakukan 'auto-blog' content dari blog lain. Mereka menyalin seluruh isi halaman, beberapa mungkin menyalin konten sebagian, tapi itu adalah hal yang hampir sama.

Perhatikan bahwa mengutip sumber, dan menyalin dari sumber adalah dua hal yang sama sekali berbeda. Sebagai contoh memberikan kredit link kepada sumber aslinya, sedangkan yang kedua tidak. Jika Anda tidak memberikan kredit kepada orang yang pantas mendapatkannya, maka Anda benar-benar mencuri dari mereka, mencuri uang mereka. Tentu, lalu lintas yang Anda hasilkan melalui konten itu, dan pendapatan yang datang melalui itu, itu untuk Anda. Tapi apakah Anda layak mendapatkannya? Melanggar undang-undang hak cipta adalah pencurian, dan uang yang dicuri melanggar hukum dalam semua agama di dunia. Kecuali di sebuah blog yang menyediakan artikel untuk dishare dan memberikan ijin untuk di sebar luaskan.

Black Hat SEO

Ini adalah hal lain yang membuat penghasilan dari blogging terlarang. Black Hatters akan berpendapat bahwa mereka hanya menggunakan pengetahuan mereka susah payah untuk menemukan jalan pintas. Tapi itu tidak membuatnya kurang etis. Teknik Black Hat SEO memanfaatkan celah untuk peringkat sebuah halaman web di hasil pencarian Google. Seringkali, ini dicapai dengan over-optimasi, dan akan menghasilkan kualitas konten spam dan rendah. Ini tidak adil bagi mereka yang membuat konten yang baik, dan bermain sesuai aturan. Ini seperti memotong sejalan dengan antrian panjang. Analoginya mungkin membuatnya terdengar seperti kejahatan yang sangat kecil, tetapi ketika kita berbicara tentang lalu lintas besar-besaran dan pendapatan, masalah sebenarnya skala sampai.

Penipuan Penerbitan

Pemasangan perangkap digital, memikat pengguna yang masih awam, menjerat mereka sebelum mereka tahu apa yang terjadi, banyak blog yang mencoba untuk scam pengunjung mereka ke dalam situasi yang tidak mereka inginkan. Contohnya adalah promosi yang keterlaluan, seperti 'Kau pengunjung 1000,000th kami, klik di sini untuk iPhone gratis'! Meskipun bukan contoh yang sangat halus, itu berfungsi untuk meringkas konsep. Banyak pengguna jatuh ke dalam perangkap seperti ini ketika mereka sedang mencari file untuk didownload, mereka malah terdownload file exe (executable) padahal bukan file itu yang dia inginkan. Dan ironisnya banyak yang terhack karena iklan-iklan seperti ini.

Konten Dewasa

Pornografi dilarang dalam Islam, dan tidak etis di masyarakat. Jika Anda memiliki sebuah situs web, atau berkaitan dengan konten dewasa dengan cara apapun, Anda perlu untuk menyingkirkan itu! Setiap uang dilakukan melalui konten dewasa yang melanggar hukum, dan harus dihindari. Termasuk iklan konten pada suatu blog.Mungkin blog anda tidak menampilkan artikel dewasa, tapi iklan dari pihak ketiga mungkin saja memberikan konten dewasa dalam iklan. Jadi pastikan pengiklan Anda tidak tergelincir dalam beberapa gambar dewasa dalam iklan mereka tanpa sepengetahuan Anda.

Spam

Aneh kedengarannya, sebagian besar komentar spam ditemukan online adalah komentar yang dihasilkan oleh blogger (setelah bots, beberapa di antaranya adalah, sekali lagi, yang didirikan oleh blogger). Seorang blogger selalu berusaha untuk membuat link balik ke blog mereka, agar traffic blog mereka meningkat. Blogging sendiri banyak tentang membuat hubungan sosial. Tanpa komentar, hampir mustahil sebuah blog bisa terkenal. Sementara membuat komentar di situs lain adalah cara yang baik untuk mendapatkan lalu lintas dan membuat reputasi online, posting komentar yang tidak relevan untuk tujuan tunggal menghasilkan lalu lintas akan membunuh reputasi Anda.

Selain itu, meninggalkan komentar yang tidak relevan hanya membuang-buang waktu orang lain. Mereka juga memperhitungkan backlink ilegal. Bahkan Google tidak suka komentar tersebut.

Melanggar TOS

Banyak blogger yang menggunakan adsense untuk mendapatkan keuntungan. Setiap penyedia iklan pastinya memiliki peraturan untuk publisher agar iklan bisa ditampilkan pada blog tersebut. Tetapi banyak sekali para blogger yang melakukan tindakan ilegal untuk mendapatkan keuntungan, contohnya ilegal klik, dengan cara tersebut para blogger mendapatkan keuntungan dari hasil ilegal klik itu.

Pikiran Anda?

Jadi, apa yang Anda pikirkan tentang ini praktek yang tidak etis ini? Apakah Anda pikir menggunakan praktek-praktek yang tidak etis ini untuk mendapatkan uang adalah sah?

Dikutip dari : http://www.mybloggertricks.com/2014/01/is-making-money-from-blogging-haram.html

0 Response to "Halal dan Haram dalam Blogging"

Post a Comment