Pilih Best Appearance ato performance?

Sebenarnya efek animasi di windows sangat mempengaruhi performance komputer, seperti penggunaan wallpaper, theme dari pihak ketiga, animasi kursor dan lain-lain, karena program tesebut semerupakan program startup yang secara otomatis aktif pada saat windows dinyalakan.
Yah berarti windows memerlukan memory lebih banyak untuk me load program-program tesebut. Biasanya pada saatlogon windows akan terasa lambat, untuk merfresh desktop aja memerlukan waktu beberapa saat. Hal itu disebabkan karena banyaknya aplikasi yang berjalan di desktop sehingga desktopmenjadi berat. Kalau komputer yang High End sih gak terlalu bermasalah, kalo yang Low End kan kasihn tuh PC, udah daya pikir nya lambat, ditambah lagi beban yang berat .

Saya sendiri sih lebih suka performance ketimbang Appearance, soalnya bayangkan aja, misalnya pada saat kita mau bikin website, kita tentunya membuka software Dreamwaver untuk desain nya, trus untuk desain gambarnya kita membuka Photoshop cs2, untuk inspirassi nya kita buka winamp, trus untuk memaksimalkan gambar kita buka Corel draw, dan juga tentunya kita membuka ms word atau adobe acrobat mungkin untuk bahan refrensi dalam pembuatan web, belum lagi program startup seperti antivirus, YM, dll, berapa komputer memerlukan memory untuk membuka semua program tersebut????tentunya komputer akan terjadi deadlock/not responding untuk beberapa saat. Nah, kalau andayang menggunakan komputer yang Low End dan lebih memilih best performance, ikut sedikit saran dari saya.
Point pertama, tekan win+E, klik kanan properties pada my computer. Pada tab advanced pilih setting pada bagian performance. Kemudian pada bagian visual effect pilih Adjust for best performance.
Point kedua, buka run(win+R), ketik msconfig kemudian klik ok. Pada tab startup, didalam nya terdapat program-program startup, pilih centang seperlunya saja seperti antivirus, sisanya hilangkan centangnya.
Selanjutnya pilih tab boot ini, pada bagian timeout ganti ukuran yang lebih kecil, sebagai contoh saya menggunakan angka 3. Setelah itu lik apply, pilih saja exit without restart karena kita kan belum selesai tweaking nya .
Point ke tiga, buka regedit, kalau regedit anda terkunci karena virus, baca artikel saya tentang regedit menggunakan javascript, kalo sudah terbuka pilih star > run > ketik regedit, pertama-tama backup dulu registry nya dengan cara file > Export> Pilih lokasi untuk backup > Save. kemudian buka HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop klik ganda string MenuShowDelay rubah value datanya dengan 0. Kemudian pada HungAppTimeout ganti menjadi 0, AutoEndTask ganti menjadi 1 dan pada WaitToKillAppTimeout ganti value nya menjadi 0. Kemudian pilih HKEY_LOCAL_MACHINE\system\CurrentControlSet\Control. Pada WaitToKillServiceTimeout ganti value nya menjadi 0. Pada HKEY_LOCAL_MACHINE\system\ControlSet001\Control ganti value string WaitToKillServiceTimeout dengan 0. Dan selanjutnya HKEY_LOCAL_MACHINE\system\ControlSet002\Control ganti value string WaitToKillServiceTimeout dengan 0. Nah, karena komputer anda sekarang sudah lebih cepat, kita bisa ganti deskripsi dariprocessor, caranya buka HKEY_LOCAL_MACHINE\HARDWARE\DESCRIPTION\System\CentralProcessor\0. Klik ganda pada ProcessorNameString, ganti dengantipe processor yang anda kehendaki, sebagai cotoh Intel(R) Dual Core(R) processor 1.40GHz. Tweaking Memory, pada
HKEY_LOCAL_MACHINE/SYSTEM/CurrentControlSet/Control/Session Manager/Memory
Management
Klik ganda pada DisablePagingExecutive dan masukkan angka 1 pada Value Data.
Apabila diaktifkan,Windows tidak akan melakukan paging file ke dalam hard disk.
Sistem operasi dan program-program menjadi lebih responsif. Disarankan untuk komputer
yang memiliki memori lebih dari 128MB. Klik ganda pada LargeSystemCache dan masukkan
angka 1 pada Value Data. Jika diaktifkan, sistem akan mengalokasikan seluruh memori
(kecuali 4 MB untuk disk caching) untuk file caching. Komputer akan melakukan caching kernel
XP di dalam memory sehingga Windows XP dapat berjalan lebih cepat. Unload .dll Untuk Mempercepat Akses Memori
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\Curr entVersion\Explorer
Pilih menu Edit > New > Key dan beri nama AlwaysUnloadDLL.
Pada option Default Value masukkan angka 1. Menghapus Pagefile Saat Shut Down
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Contro l\Session Manager\Memory
Management
Klik ganda ClearPageFileAtShutdown dan masukkan angka 1 pada Value Data. Mengoptimalkan Hard Disk Disaat Komputer Dalam Keadaan Idle
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\Curr entVersion\OptimalLayout
Buatlah sebuah DWORD Value Baru dan beri nama EnableAutoLayout.
Klik ganda EnableAutoLayout dan masukkan angka 1 pada Value Data.
Point ke empat, matikan system restore, start>all program> acessoris> system tools > system restore centang turn off system restore.
Point ke lima buka explorer, klik kanan properties pada local disk C/D/E hilangkan centang pada Allow indexing service to index this disk for fast file searching.
Selanjutnya restart komputer anda. Bandingkan dengan sebelumnya yang menggunakan Animasi Effect? Untuk perbandingan lebih jelasnya anda bisa menggunakan software super PI untuk memeriksa kecepatannya. Anda bisa download disini. Aranya, buka program super PI, kemudian pilih Calculate, akan muncul jendela setting, pilih yang 128K, Ok. Hasil Calculate akan terlihat pada gambar dibawah yang bertanda merah. Semakin kecil interval waktunya berarti semakin cepat.



Yah demikian sedikit trik untuk temen-temen, jangan lupa kirim comment nya ya…..

0 Response to "Pilih Best Appearance ato performance?"

Post a Comment